oleh

Wakil Bupati Luwu Utara Kukuhkan Pengurus Dekranasda

-Berita Utama-49 Dilihat

Luwu Utara, INPUTSULSEL.COM – Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur meminta kepada pengurus Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Luwu Utara agar membantu pengembangan produksi dan perluasan pemasaran hasil kerajinan masyarakat.

Suaib menjelaskan Luwu Utara memiliki keragaman budaya dan hasil industri kerajinan yang sangat besar yang perlu terus ditingkatkan mutu dan jumlah produksinya serta pangsa pasarnya.

Hal ini dinilai sangat penting karena dapat mengangkat kesejahteraan para pengrajin yang menjadi penopang perekonomian daerah.Terlebih, pada masa pandemi seperti sekarang ini para pelaku usaha harus gencar melakukan promosi digital.

“Kita harus melakukan percepatan, karena kerajinan sudah tumbuh, tinggal pemasarannya yang harus didorong. ini tugas pengurus
Dekranasda yang baru saja dilantik, karena menyangkut kesejahteraan masyarakat. Hal ini juga sejalan visi misi bupati untuk mengurangi angka kemiskinan,” kata Suaib Mansur usai melantik Pengurus Dekranasda di Aula Lagaligo, Senin (12/04/2021).

Karena itu, lanjut Suaib, tugas Dekranasda adalah memajukan kerajinan daerah. Melalui berbagai program pembinaan dan fasilitasi perajin, mulai dari proses produksi, pelestarian karakteristik dan peningkatan mutu serta pemassalan produk hingga memfasilitasi akses modal, keterampilan, pangsa pasar dan pengembangannya.

“Untuk memasarkan semua produk bisa melalui e- commerce, kita harus bergerak cepat mendongkrak dan menghasilkan start up – start up pemasaran. Hal ini menjadi pokok dari persoalan karena mungkin banyak produk kita yang dibutuhkan konsumen tapi tidak diketahui masyarakat,” tegas Suaib.

Pasca pelantikan, Suaib berharap dekranasda bisa mulai menjajaki peluang kerjasama pemasaran dengan sejumlah perusahaan serta memperkenalkan dan memasarkan produk masyarakat, hal ini dalam rangka sinergi meningkatkan nilai tambah ekonomi yang berujung pada kesejahteraan masyarakat.

Diketahui Ketua Dekranasda Luwu Utara adalah Rahma Nursaid, Sekretaris Siti Hadijah dan Bendahara Sahaliah.(IP)

Komentar