oleh

Strategi Bupati Indah Putri Kembalikan Kejayaan Kakao di Tana Luwu

LUWU UTARA, INPUTSULSEL.com– Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP), didaulat menjadi Keynote Speaker di acara Webinar yang diadakan Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo dan LPM Unanda, Rabu (1/7/2020). Webinar kali ini mengambil tema “Mengembalikan Kejayaan Kakao di Tana Luwu”.

Webinar dilaksanakan secara virtual dan disiarkan langsung di youtube. Unanda memilih Indah sebagai keynote speaker karena dinilai memiliki komitmen kuat dalam pengembangan kakao di Tana Luwu, khususnya di Lutra. Pada kesempatan itu, IDP mengatakan bahwa pemerintah daerah terus berkomitmen mendukung eksistensi kakao di Tana Luwu.

“Kakao telah menjadi ikon di Luwu Utara, sehingga eksistensinya harus tetap terjaga. Oleh sebab itu, beragam kebijakan terus dilakukan oleh Pemda Lutra, seperti sertifikasi klon unggul lokal, membangun kebun induk kakao, membangun kebun entris kakao, dan desa mandiri benih,” beber Indah di hadapan mahasiswa dan dose Unanda.

Ia menambahkan, Pemda Lutra tak hanya fokus pada peningkatan produktivitas kakao, tapi juga bagaimana menghadirkan nilai lebih dari hasil kakao ini.

“Upaya peningkatan hasil perkebunan terus diupayakan dengan menghadirkan infrastruktur yang baik dan memperpendek jalur distribusi melalui layanan kargo yang tengah berlangsung,” terangnya.

Yang menarik, ia mengajak media menjadi motor penggerak untuk menginformasikan sekaligus mengedukasi masyarakat untuk tidak melakukan alih fungsi lahan, sehingga kejayaan kakao kembali diraih.

“Alhamdulillah, luas areal kakao di Lutra dari 2015-2019 mengalami peningkatan 10,48 % yang diiringi peningkatan produksi 26,04 %,” pungkasya. (AG)

Komentar