oleh

Selamat! Pemda Luwu Utara Raih Opini WTP ke-9

-Uncategorized-38 Dilihat

Luwu Utara, INPUTSULSEL.COM — Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara kembali meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020.

Opini WTP yang diterima Pemda kali ini menjadi WTP yang ke-9 kalinya setelah sebelumnya meraih gelar yang sama pada 2010, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, dan 2018.

Penerimaan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) ditandatangani langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani bersama Ketua DPRD Luwu Utara, Basir, melalui virtual zoom yang terhubung di Aula La Galigo Kantor Bupati dengan Kantor BPK Sulsel, Jumat (21/5).

“Audit yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan harus dipandang sebagai suatu kebutuhan wajib bagi Pemerintah Daerah sehingga kita berharap dinamika penyelenggaraan pemerintahan terus berproses menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, khususnya dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah melalui APBD setiap tahun mulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pengawasan, dan pelaporan,” kata Indah saat menyampaikan sambutan mewakili Bupati Luwu dan Bupati Maros yang juga menerima WTP atas LKPD TA 2020.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, lanjut Indah, tentu masih terdapat temuan-temuan dan rekomendasi yang harus ditindaklanjuti demi perbaikan ke depan.

“Khusus bagi Luwu Utara, kami akan segera menyusun Rencana Aksi (Action Plan) yang dalam implementasinya, kami mohon dukungan, bimbingan, dan arahan dari BPK agar tindaklanjut hasil temuan dapat terselesaikan tepat waktu dan berbagai temuan tidak lagi terulang di kemudian hari,” harap bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Kepada Anggota Dewan yang Terhormat, Indah berharap dapat terus membangun sinergitas dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Dengan diterimanya LHP ini, langkah selanjutnya adalah menyampaikan ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2020 untuk dibahas bersama Pemda sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah. Perkenankan saya juga bersama Bupati Maros dan Bupati Luwu mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala BPK Perwakilan Sulsel, Bapak Wahyu Priono beserta jajaran, atas kerjasama yang telah terbina selama ini untuk terus terjaga dan ditingkatkan agar kualitas penyelenggaraan pemerintahan daerah dapat tercapai dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” tutur Indah yang hadir didampingi Wakil Bupati, Suaib Mansur, pimpinan perangkat daerah dan para asisten.

Sebelumnya, Kepala BPK Perwakilan Sulsel, Wahyu Priono menuturkan terima kasih kepada kepala daerah yang memotivasi jajarannya dan telah membantu menyelesaikan tugas-tugas pemeriksaan dengan komunikasi yang intens. (Rn)

Komentar