oleh

Sah, Pabrik Beras Modern Segera Hadir di Luwu Utara

Luwu Utara, INPUTSULSEL.COM — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani bersama Pimpinan Wilayah Sulselbar Perum Bulog, Eko Pranoto menandatangani naskah hibah tanah milik Pemerintah Daerah Luwu Utara untuk pembangunan pabrik beras modern, Senin (7/12/2020).

Rencananya, Pabrik Beras Modern atau Modern Rice Milling Plant (MRMP) tersebut bakal dibangun di Desa Cendana Putih I Kecamatan Mappedeceng.

“Rencana pembangunan MRMP ini sebenarnya sudah lama dan kami sudah meninjau beberapa pilihan lahan, namun dinamika yang kita lalui sebenarnya lebih ke asas kehati-hatian. Kami terima kasih banyak akhirnya kita sampai juga pada penandatanganan ini. Harapannya, MRMP akan memberikan nilai tambah terutama bagi petani,” tutur Bupati Indah yang karib disapa IDP.

Hadirnya MRMP, lanjut Indah, tentu membawa angin segar khususnya Luwu Utara dan Luwu Raya secara umum.

“Selain penerapan tenaga kerja lokal, kabar gembiranya MRMP tidak akan mematikan pabrik penggilingan kecil yang berjumlah sekira 47 di Luwu Utara. Bahkan, pabrik kecil ini juga rencananya akan digandeng sebagai mitra bulog agar keberlangsungannya tetap terjaga,” harap bupati perempuan pertama di Sulsel ini yang hadir didampingi Ketua DPRD, Basir dan Kepala BPKAD, Baharuddin Nurdin.

Pabrik yang bakal berdiri megah di atas lahan seluas 42.480 M² ini, ditaksir Eko Pranoto akan berproduksi sekira 6 ton/jam.

“Proses lelangnya sementara berlangsung dengan pagu Rp. 80 Miliyar dan pembangunannya akan dimulai pada 2021. Untuk itu, kami mohon doa dan dukungan masyarakat Luwu Utara, sebab keberadaan pabrik ini tentu akan berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat utamanya¬† petani,” tutur Eko. (**)

Komentar