oleh

Recovery Pascabanjir, Suaib Mansur Minta 2 Hal Ini Segera Dilaksanakan

Luwu Utara, INPUTSULSEL.COM –Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur meminta percepatan pembangunan huntap (hunian tetap) bagi penyintas banjir.

Hal itu Ia sampaikan saat memimpin
Rapat Koordinasi Pemulihan Pembangunan Pascabanjir yang berlangsung di Ruang Rapat Wakil Bupati, Rabu (31/03/2021).

“Hampir semua infrastruktur di pusat kota rusak pascabencana, namun belum ada progres yang betul-betul menyelesaikan persoalan ini. Langkah yang paling mungkin dilakukan adalah segera menyiapkan lahan pembangunan dalam waktu dekat untuk pembangunan hunian yang telah dijanjikan pemerintah provinsi dan pusat,” ungkap Suaib.

Selain huntap dan infrastruktur, lahan pertanian terkhusus persawahan juga jadi perhatian Mantan Kadis PUPR itu.

“Kemudian ada beberapa hektare lahan sawah kita yang masih tertimbun oleh lumpur bencana dan itu harus kita benahi secepatnya. Dengan menggali lumpur yang ada di sawah,” pinta Suaib di hadapan Kalaksa BPBD, Kepala Dinas PRKP2, Kadinsos, Inspektur Inspektorat, Kepala BPKAD, pihak DLH, Kepala Dinas Kesehatan, dan Camat Masamba yang hadir pada rakor tersebut.

Kabar baiknya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara, Muslim Muchtar menerangkan saat ini lahan persiapan untuk pembangunan hunian tetap telah tersedia sekitar 6 hektare.

“Baru-baru ini kami sudah membebaskan 2 hektare dari Desa Meli, dan total semua sampai saat ini sudah ada 6 hektar yang siap dijadikan lahan untuk membangun,” terang Muslim.

Sementara itu, Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertanahan saat ini juga sudah memiliki tim perencanaan untuk persiapan pembangunan huntap tersebut. (AD/Rn)

Komentar