oleh

Rakor Perdana TKPKD, Suaib Mansur Minta Data Kemiskinan Segera Dirampungkan

Luwu Utara, INPUTSULSEL.COM — Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur minta data kemiskinan segera dirampungkan.

Hal tersebut disampaikan Suaib pada Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan yang menjadi rapat perdana Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) di Ruang Rapat Wakil Bupati, Selasa (30/03/2021).

“Kita harus hidupkan kembali TKPKD agar lebih teratur dan terukur untuk menanggulangi kemiskinan,” tegas Suaib.

Ia menjelaskan, meski beberapa program penanggulangan kemiskinan telah dilakukan namun hal itu belum cukup.

“Strategi kita pertama untuk menurunkan kemiskinan itu sudah cukup banyak, yakni dengan PKH, BLT, bantuan Non-tunai dan kita tahu itu belum cukup. Saya minta untuk dinas terkait agar penyaluran bantuan kedepannya lebih tepat sasaran,” jelas Mantan Kadis Pertambangan ini.

Untuk itu, Suaib menekankan validasi data kemiskinan mesti segera dirampungkan.

“Setiap program penanggulangan harus kita laksanakan secara tepat sasaran. Untuk tahap pertama mengenai kemiskinan, ini mesti kita permantap dulu verifikasi dan validasi datanya. Dan ketika validasi¬† data selesai, kita akan lebih mudah untuk melakukan intervensi.
Kalau bisa bantuan yang akan kita salurkan nantinya bukan hanya bantuan yang bersifat jaringan pengaman, namun bantuan yang dapat menumbuhkan nilai usaha kepada masyarakat,” tegas Suaib.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Besse A. Pabeangi mengatakan pihaknya terus melakukan proses pendataan di lapangan.

“Verifikasi dan validasi data sementara ini terus kita lakukan, karena memang proses validasi data tersebut berkepanjangan dan selalunya berubah,” kunci Besse. (rls)

Komentar