oleh

Kompak! PKK dan DWP Luwu Utara Bakal Kolaborasi Wujudkan Modernisasi Posyandu

Luwu Utara,INPUTSULSEL.COM — Ketua Tim Penggerak PKK Luwu Utara, Rahma Nursaid mengikuti seminar dengan tema “Modernisasi Posyandu dan Launching Logo Posyandu” digelar secara virtual dalam rangka Peringatan Hari Posyandu Nasional 2021, Kamis, 29 April 2021 di Ruang Rapat Wakil Bupati, Kantor Bupati Luwu Utara.

Seminar virtual atau webinar ini juga diikuti Ketua DWP, Dalfia Armiadi, Dinas PMD, Dinas Kesehatan dan Dinas P2KB Luwu Utara.

Ditemui usai kegiatan, Rahma Nursaid menuturkan, PKK kedepannya akan mengambil langkah aktif untuk meningkatkan peranan posyandu.

“Kami akui bahwa peranan PKK dalam membantu pelayanan posyandu selama ini belum maksimal sehingga kedepannya InsyaAllah, kami akan membuat program kerja dan aktif dalam memberikan motivasi kepada masyarakat dan kader agar Pos Pelayanan Terpadu yang ada di setiap desa dan dusun dapat memberikan peranan penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat,” tegas Rahma.

Menurutnya, program kerja dalam bentuk inovasi dan peningkatan fasilitas posyandu dapat dilakukan dengan kolaborasi lintas sektoral.

“Kedepannya kami akan menggali, menggerakkan, dan mengembangkan potensi masyarakat lewat posyandu dan tentunya dengan kerja sama Dharma Wanita dan Dinas PMD, misalnya kami dapat usulan-usulan terkait efesiensi pelayanan, edukasi kesehatan sehingga modernisasi posyandu dapat terwujud,” terang isteri Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Luwu Utara, Dalfia Armiady mengatakan akan segera mengaktifkan kembali Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Dharma Wanita di setiap perangkat daerah.

“Jadi selama pandemi covid 19, kami memang vakum. Tapi InsyaAllah, setelah SK Pokjanal di tiap unit selesai, kami akan kembali melakukan pembinaan posyandu yang menjadi wilayah kerja kami,” kata Dalfia.

Ia menjelaskan setiap unit DWP perangkat daerah memiliki posyandu binaan dimana pembinaan dilakukan setiap tanggal pelayanan posyandu setiap bulannya.

Sekadar Informasi, Posyandu menjadi salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat agar bisa memberikan pelayanan kesehatan dasar dan mendukung program perbaikan gizi masyarakat. (cc)

Komentar