Ketua Komisi II DPRD Kalteng Ajak UMKM Manfaatkan Teknologi untuk Bersaing

Nasional49 Dilihat

Kalteng – Para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Provinsi Kalteng dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi digital dalam pengembangan usahanya.

Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Achmad Rasyid mendorong, untuk penggunaan teknologi dalam meningkatkan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah tersebut. Ia menekankan, bahwa penerapan teknologi dapat memperbaiki proses produksi, meningkatkan kualitas produk dan memperluas pasar bagi UMKM di Kalimantan Tengah.

“Saya mendorong penggunaan teknologi dalam peningkatan produk UMKM di Kalimantan Tengah. Pemanfaatan teknologi digital,  e-commerce dan inovasi dalam proses produksi dapat membantu UMKM meningkatkan daya saing, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan,” ucap Achmad Rasyid,

Ia menyoroti, perlunya pelatihan terkait teknologi, aksesibilitas platform digital, serta dukungan untuk implementasi teknologi dalam bisnis UMKM. Ia juga memperjuangkan,  kolaborasiantara pemerintah, lembaga  pendidikan dan sektor swasta untuk memfasilitasi UMKM dalam memanfaatkan teknologi untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

“Dengan fokus pada penggunaan teknologi, kita memberikan peluang bagi UMKM untuk berkembang dan bersaing di pasar global yang semakin terintegrasi. Melalui pelatihan terkait teknologi, fasilitasi akses ke platform digital, dan kerjasama berbagai pihak untuk mendukung implementasi teknologi dalam bisnis, kita membantu UMKM memanfaatkan potensi teknologi sebagai sarana untuk pertumbuhan dan inovasi,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya penguatan branding, peningkatan kualitas produk, serta penggunaan media sosial sebagai strategi pemasaran bagi UMKM. Dukungan pada  promosi digital, pengembangan desain produk yang menarik, serta peningkatan keterampilan digital akan menjadi kunci keberhasilan dalam memanfaatkan teknologi untuk memajukan UMKM di Kalimantan Tengah.

“Dengan sinergi antara UMKM, pemerintah, dan komunitas digital, kita dapat menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan UMKM melalui pemanfaatan teknologi. Melalui branding yang kuat, peningkatan kualitas produk, dan pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran, kita membantu UMKM untuk bersaing dan berkembang di era digital yang terus berkembang,” pungkasnya. (*/dirman)

Komentar