oleh

Kembali Diundang PPSDM Kemendagri, Bupati Luwu Utara Uji Peserta Latsar IPDN

Luwu Utara,INPUTSULSEL.COM — Melalui virtual zoom dari ruang kerjanya, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani kembali menjadi penguji pada Seminar Rancangan Aktualisasi yang terhubung dengan PPSDM Kemendagri Regional Makassar, Jumat (23/4).

Kali ini, 9 peserta Latsar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia diantaranya Ambon, Papua, dan Sulawesi Utara, diuji oleh mantan Dosen Universitas Indonesia ini.

“Pada dasarnya rancangan aktualisasi yang dipaparkan tadi para peserta Latsar sudah cukup bagus, namun indikator keberhasilannya terletak dalam kemampuan menemukan isu strategis. Karena ini berkaitan dengan bagaimana melahirkan solusi yang inovatif, efektif (dapat diukur), dan berkelanjutan,” kata Indah.

Meski begitu, Indah berharap isu yang diangkat peserta Latsar adalah isu yang dianggap urgent.

“Baik menggunakan metode USG maupun APKL (Aktual, Problematik, Khalayak, dan Layak). Tapi apapun itu saya berharap isu yang diangkat sudah dilihat sebagai suatu persoalan yang mendasar, dan memastikan bisa berkelanjutan,” tegasnya.

Kepada seluruh peserta latsar yang tergabung dalam kelompok tiga yang diujinya, Indah berpesan agar isu yang diangkat dalam rancangan aktualisasi dapat berdampak positif bagi organisasi.

“Jadi rancangan aktualisasi ini tidak sekadar menggugurkan kewajiban tanpa memberi dampak apa-apa. Ke depan, kita berharap nilai inovasinya muncul, berbeda dengan yang lain. Tidak selalu sesuatu yang benar-benar baru tapi boleh jadi sesuatu yang sudah ada, kita beri “nilai” menjadi sesuatu yang bernilai baru. Sehingga berdampak positif pada peningkatan kualitas layanan di instansi masing-masing,” harap Indah. (Rn)

Komentar