Kartu Vaksin Jadi Jaminan Bisa Bepergian ke Mana Saja? Ini Kata Wabup Suaib Mansur

Berita Utama70 Dilihat

Luwu Utara, INPUTSULSEL.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara mengajak semua pihak untuk menyukseskan program vaksinasi. Pemda bahkan berencana menyiapkan kartu vaksinasi Covid-19 bagi mereka yang sudah disuntik vaksin.

Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur mengatakan, kartu vaksinasi nantinya bisa digunakan untuk perjalanan keluar daerah.

Suaib mengaku pengadaan kartu vaksinasi memungkinkan untuk dilakukan, terlebih pemerintah pusat hanya memberikan sertifikat secara elektrik.

“Kita tunggu kebijakan nasional dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan. Apakah kalau sudah divaksin sudah bisa tanpa suket (surat keterangan) swab/rapid. Kalau ada kebijakan itu, kita tinggal kasih lihat kartu ini,” kata Suaib, Selasa 2 Maret.

Dia menyebutkan, dalam kartu tersebut nanti tertera nama dan kode vaksin, lengkap dengan barcode. Sehingga dipastikan tidak akan ada masyarakat memiliki kartu yang sama.

Pengadaan kartu vaksinasi ini, lanjut Suaib bisa saja dilakukan atas inisiatif sendiri, hanya saja legalitas sertifikat yang diberikan saat ini oleh pemerintah pusat pasca disuntik vaksin juga tidak bisa diabaikan.

“Mungkin itu akan kita koordinasikan dengan dinas kesehatan karena selama ini sertifikat begitu tidak fleksibel mobilitasnya, mungkin bisa digantikan dengan kartu tetapi tentu nanti dinas terkait bisa memikirkan itu, kalau keinginan kita sih lebih bagus supaya lebih simpel mudah disimpan untuk mobilitas saya kira itu tetap kita rencanakan,” tutup Suaib. (rls)

Komentar