oleh

Kadis PUPR Pastikan Ketersediaan Air Minum dan Sanitasi Layak di Desa Pongo

LUWU UTARA, INPUTSULSEL.com– Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu Utara, Suaib Mansur meresmikan sekaligus melakukan Serah Terima Dana Alokasi Khusus (DAK) Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) III T.A 2019 di Dusun Malapa, Desa Pongo Kecamatan Masamba, Rabu (4/3/2020).

Mewakili Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Suaib menyerahterimakan program kegiatan Pamsimas dari desa ke kelompok Pengelola sarana air minum dan sanitasi Desa Pongo.

“Apa yang kita lakukan hari ini sebagai bentuk komitmen pemerintah kabupaten untuk memberikan kemandirian kepada desa dalam melakukan pengelolaan pembangunan air minum yang berkelanjutan,” kata Suaib.

Pemda Luwu Utara, lanjut Mantan Kadis Pertambangan ini, berharap agar sarana yang telah terbangun dapat dijaga fungsi dan pengelolaannya.

“Pengelolaan dengan iuran itu adalah bentuk pelayanan kita, selaku pemerintah kepada masyarakat untuk menjamin keberlangsungan pemanfaatan air minum. Ini juga untuk menjamin akses masyarakat terhadap air minum selalu tersedia baik di musim kemarau ataupun di musim hujan. Untuk itu saya berharap Pamsimas di Desa Pongo ini bisa memberikan sebuah kontribusi dan tentunya dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat,” terang Suaib.

Ia juga menjelaskan bahwa air minum yang layak dan sanitasi yang sehat dapat mengurangi atau mencegah risiko datangnya penyakit bahkan stunting pada anak.

“Semoga sarana ini dapat dijaga bersama sehingga manfaatnya dapat dirasakan hingga generasi selanjutnya” harap Suaib.

Diketahui, PAMSIMAS III di Desa Pongo ini merupakan program lanjutan PAMSIMAS II pada tahun 2014 lalu. Peresmian dan serah terima ini dihadiri Bappeda, Koordinator Kabupaten Program PAMSIMAS III, para camat, kepala puskesmas, para kepala desa dan tokoh agama serta tokoh pemuda setempat. (AG)

Komentar