oleh

Jaga Sumber Mata Air, 500 Pelajar SD SMP di Desa Dandang Tanam Pohon

Pelajar SD dan SMP bergembira lakukan penanaman pohon di Bantaran Sungai Dandang, Sabtu (7/3/2020).

INPUTSULSEL.com — Penanaman pohon yang di inisiasi kelompok tani hutan buntu rura Desa Dandang Kecamatan Sabbang Selatan Luwu Utara, melibatkan sekitar 500 pelajar dari SDN 008 Dandang, SMPN 1 Sabbang Selatan dan SMKN 7 Luwu Utara.

Yang juga didukung sepenuhnya pemerintah Desa Dandang Karang Taruna Dandang, GPS Lutra (Gabungan Pemuda Pencinta Alam Luwu Utara) serta KPH unit IX Rongkong.

Penanaman sekitar 500 pohon jenis jabon merah dan sengon difokus menyisir bantaran sungai dandang daerah hulu, Sabtu (7/3/2020).

Menurut ketua Kelompok Tani Buntu Rura, Sirman, tujuan utama dari penanaman pohon di bantaran sungai dandang untuk menjaga kelestarian alam, khususnya sumber mata air bagi warga desa dandang.

“Sekitar 500 pohon tadi yang kami tanam bersama. Ini untuk menjaga kelestarian alam. Khususnya daerah hulu. Sebab di sana itu merupakan sumber air bagi keseluruhan warga Dandang,” ujarnya.

Sementara, perwakilan KPH (kesatuan pengelolaan hutan lindung) Rongkong Hasim, S.Hut katakan bahwa pihaknya akan terus mensupport masyarakat untuk menjaga kelestarian alam dan hutan.

“Salah satu tugas kami, bagaimana menjaga hutan. Kesadaran masyarakat akan lingkungan harus terus digalakkan. Jadi jika ada kegiatan seperti ini akan kami support,” ucapnya.

Hasim menambahkan, pihaknya akan terus mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan, khususnya hutan lindung yang ada di wilayah Luwu Utara sebagai wilayah kerja KPH Rongkong.

“Penanaman pohon ini juga sebagai wujud mensosialisasikan program pemerintah kementerian kehutanan, yaitu setiap jiwa minimal menanam dan merawat 25 pohon selama hidupnya,” pungkas Hasim. (Rz)

Komentar