oleh

IDP Tegaskan Perempuan Wajib Diberdayaka

-Berita Utama-52 Dilihat

Luwu Utara,INPUTSULSEL.COM — Tepat Peringatan Hari Kartini 21 April 2021, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengisi dua webinar tingkat nasional, salah satunya “Afternoon Talks with MARS UMY” yang bertajuk Kartini Milenial di Era Covid-19.

Indah menuturkan, perempuan memiliki empati yang lebih besar sehingga mampu menghadapi sekaligus berperan penting di masa tersulit sekalipun.

“Perempuan terlibat aktif dalam pencegahan COVID-19, penguatan ekonomi melalui home industri, peningkatan peran keluarga dalam pengasuhan anak, dan peningkatan kewirausahaan Perempuan Kepala Keluarga. Untuk itu kita juga terus mendorong para perempuan utamanya ibu-ibu untuk terus mengupgrade pengetahuan dan kemampuan teknologi,” terang ibu dua anak ini.

Pandemi, lanjut Indah mampu mendorong perempuan untuk memaksimalkan peran dalam peningkatan ekonomi keluarga melalui berbagai usaha, baik itu kuliner, jasa, keterampilan, pertanian, perikanan, maupun perdagangan.

Bupati dua periode ini juga menegaskan perempuan wajib diberdayakan.

“Perempuan punya kepentingan yang sama dalam pembangunan dan juga merupakan pengguna hasil pembangunan yang memunyai hak yang sama dengan laki-laki. Perempuan juga memiliki kepentingan yang sifatnya khusus terkait sosial kultural yang ada. Pemberdayaan perempuan ini pada hakekatnya diarahkan untuk meningkatkan akses hidup sejahtera bagi individu, kelompok, keluarga perempuan (masyarakat) terhadap sumber daya untuk melakukan proses produksi dan kesempatan berusaha,” jelas bupati yang karib disapa IDP ini. (Rn)

Komentar