oleh

IDP Naik Ojek Kunjungi Masyarakat Mangkaluku

INPUTSULSEL.com, Luwu Utara — Naik ojek, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menempuh perjalanan sekira 26 KM dari Desa Malimbu menuju Dusun Mangkaluku Kecamatan Sabbang, Sabtu (26/10) kemarin.

Bersama rombongan, Indah disambut secara adat oleh masyarakat. Sebelum naik ke rumah, Indah terlebih dahulu dipersilakan melangkahi kepala kerbau tepat di bawah tangga rumah.

“Kami bersyukur ibu bupati datang dengan selamat,” ucap Ahmad selaku Kepala Dusun Mangkaluku.

Ahmad menuturkan, konon kepercayaan masyarakat di dusun ini tidak boleh dihuni lebih dari 100 KK (Kepala Keluarga).

“Ini merupakan kepercayaan masyarakat bahwa tidak boleh lebih dari 100 KK. Jika lebih biasanya ada yang meninggal, jadi warga di sini jika ada yang berkeluarga di luar maka mereka memilih menetap. Kebanyakan masyarakat berkeluarga di Malimbu, Baebunta, hingga Desa Maipi Kecamatan Masamba,” terang Ahmad.

Diketahui Dusun Mangkaluku merupakan dusun terpencil yang hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua/ojek dengan tarif kisaran Rp. 300.000 – 400.000 karena kondisi jalan yang terjal, sempit, bebatuan, dan melewati lima jembatan gantung.

Tidak hanya membawa para pejabat untuk mendengar langsung aspirasi masyarakat, pada kesempatan tersebut Bupati Indah juga menyerahkan Alquran, buku tulis, bibit sayuran, kacamata baca, dan bantuan tunai untuk masyarakat pra sejahtera.

Turut hadir bersama Bupati pada program ‘Semalam diĀ  Luwu Desa’, Kapolres Utara AKBP Boy FS Samola, Asisten Pemerintahan dan KESRA Jumal Lussa, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Misbah, Kadis PUPR Suaib Mansyur, Kadis Kominfo Arief R Palallo, Kadis Ketahanan Pangan Alauddin Sukri, Kadis Lingkungan Hidup Bambang Irawan, Kadis Pendidikan Jasrum, dan Kadis Perkimtan Syamsul Syair. (Rn)

Komentar