oleh

Hadapi Covid-19, Pemda Luwu Utara Bakal Bentuk Relawan Desa

LUWU UTA$A, INPUTSULSEL.com– Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara terus berupaya melakukan penguatan koordinasi dalam menghadapi penyebaran Covid-19.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani melalui video teleconference saat mengelar rapat bersama seluruh camat, tenaga ahli, dan pendamping desa se-Kabupaten Luwu Utara menyampaikan agara semua pihak bersatu dalam melawan bahaya Covid-19.

“Hari ini kita lupakan perbedaan, sekarang yang kita lakukan adalah bersatu untuk memutus rantai penyebaran covid-19 di daerah kita sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing,” kata Indah Putri.(14/4/2020)

Dalam Rapat Koordinasi Percepatan Penyaluran Dana Desa tahap pertama T.A 2020 dan pemanfaatan dana desa dalam rangka pencegahan dan pengurangan dampak penyebaran covid-19, Indah Putri juga menyampaikan beberapa upaya yang akan ditempuh salah satunya pembentukan relawan desa sesuai surat edaran yang dikeluarkan Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kita bersyukur ada tenaga muda yang dilibatkan di relawan desa, supaya pelaksanaannya lebih tertib dan efektif. Jika pembentukan relawan desa efektif, maka kegiatan akan lebih terarah dan terkoordinir dengan baik sehingga anggaran akan efektif,” tuturnya.

Dalam surat edaran Gubernur Sulawesi Selatan, setidaknya 14 unsur yang dapat dimaksimalkan untuk dilibatkan dalam setiap aksi penanganan covid-19 di desa, diantaranya perangkat desa, anggota BPD, kepala dusun atau yang setara, ketua RW/RT, pendamping PKH, Desa sehat, hingga pendamping yang berdomIsili di desa, bidan, tokoh agama, masyarakat dan pemuda, karang taruna, KPMD, dan unsur TNI-Polri. (AG)

Komentar