oleh

Dinas Kominfo Luwu Utara Siap Bangun Kolaborasi Pentahelix

Makassar, INPUTSULSEL.COM — Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Luwu Utara, Arief R Palallo akan terus menjalin sinergi dengan media dan insan pers.

Menurutnya, hal itu penting dilakukan mengingat media adalah pilar ke-4 dari negara.

“Sinergi yang saling menguatkan terutama dalam menghadapi penerapan kolaborasi pentahelix (goverment, perguruan tinggi, pengusaha, masyarakat/komunitas dan media). Media diharap berperan aktif mengambil bagian dalam setiap tahapan program pembangunan yang menjadi tujuan bersama dari ke-5 unsur tersebut,” kata Arif saat mendampingi Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menerima penghargaan dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Jumat (26/3) di Hotel Claro Makassar.

Kendati Kominfo Luwu Utara telah memiliki Media Centre, Arif mengaku pihaknya akan memaksimalkan ruang tersebut untuk para media.

“Juga memaksimalkan Warkop Indah (Warung Koordinasi dan Pembangunan Inovasi Daerah). Sebab seperti kata Ketua SMSI Pusat, Pak Firdaus, bukan hanya pemerintah yang harus berinovasi, rekan-rekan media juga diharap melahirkan inovasi, terlebih di masa sulit saat pandemi seperti sekarang. Terkait sinergi yang pemerintah bangun dengan media, seperti kata ibu bupati, bukan berarti pemerintah akan mendikte pemberitaan, tetap kita akan menjaga independensi media supaya berimbang,” terang Arief.

Sementara itu, Ketua SMSI Pusat, Firdaus menyebut media harus terus bersinergi dengan Pemerintah.

“Sebab pemerintah adalah bagian dari kita. Untuk itu mari bangun media dari daerah. Bicara kecepatan dan ketepatan, teman-teman insan pers harus melakukan inovasi pelayanan satu pintu,” kunci Firdaus. (Rn)

Komentar