oleh

BMKG: Luwu Utara Aman dari Ancaman Angin Munson

-Berita Utama-1.254 views

MASAMBA, INPUTSULSEL.com — Ancaman angin munson Asia diperkirakan tidak akan melalui Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel).

Hal itu disampaikan Prakirawan BMKG, Ahmad Sirat saat memaparkan kondisi cuaca khususnya di wilayah Utara Sulawesi Selatan pada Rapat Koordinasi Lintas Sektor Terkait Kesiapsiagaan Bencana Kabupaten Luwu Utara Tahun 2020, Jumat (10/1/2020) di Aula BPBD.

“Dari pantauan kami, meski akan melewati wilayah Sulawesi Selatan, namun pergerakan angin munson Asia tidak melewati wilayah Luwu Utara,” kata Ahmad Sirat.

Menurutnya, fenomena angin munson Asia merupakan hal biasa, yang hadir secara periodik dan menjadi penanda datangnya musim penghujan. Secara harfiah, angin munson Asia diartikan sebagai angin baratan yang berasal dari Benua Asia yang membawa massa udara yang banyak dan membawa dampak musim penghujan.

“Namun kita tetap menghimbau masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan menjelang musim penghujan,” paparnya.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kabupaten Luwu Utara di Bulan Januari dan Februari akan diguyur Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Sementara puncak musim penghujan dengan intensitas sangat tinggi diprediksi akan terjadi di bulan Maret, April, Mei, November dan Desember tahun 2020 mendatang. (AG)

Komentar