oleh

Banjir Sungai Masamba, Bupati Indah: Kita Sedang Upayakan Normalisasi

LUWU UTARA, INPUTSULSEL.com– Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP), meninjau beberapa titik lokasi banjir yang terjadi akibat luapan sungai Masamba di Kecamatan Masamba, Jumat (26/6/2020) pagi. Banjir terjadi karena intensitas curah hujan yang cukup tinggi sejak kemarin, sehingga mengakibatkan sungai Masamba kembali meluap dan terjadi banjir. 

Atas meluapnya sungai Masamba yang menyebabkan terjadinya banjir dan menggenangi rumah penduduk, Bupati Indah Putri Indriani bersama Kepala Dinas PUPR Suaib Mansur, Kepala Pelaksana BPBD Muslim Muhtar dan Kepala Dinas Sosial Besse Andi Pabeangi meninjau titik terdampak di Dusun Pontaden Kelurahan Bone Tua Kecamatan Masamba.

Bupati Indah Putri Indriani tegas meminta kepada perangkat daerah terkait untuk tetap selalu waspada dan siap siaga untuk segera melakukan langkah-langkah antisipatif jika ada warga terdampak membutuhkan evakuasi. “Kita tetap terus melakukan upaya penanganan agar tidak terjadi luapan lagi di sungai ini, salah satunya normalisasi sungai,” kata IDP.

Gayung pun bersambut. Kadis PUPR, Suaib Mansur, berkomitmen akan terus melakukan normalisasi dengan menurunkan alat berat untuk mengeruk sedimen agar tidak terjadi pendangkalan. “Insya Allah ke depan, dan ini menjadi prioritas, yaitu penguatan tebing, seperti pembangunan talud dan pembuatan bronjong di bantaran sungai Masamba,” jelasnya. 

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG dikatakan bahwa pada akhir Juni, cuaca di Luwu Utara hujan lokal dan berawan, sehingga masyarakat tetap diminta dan diharapkan untuk selalu waspada karena tingginya curah hujan di daerah hilir dan bantaran sungai. Kondisi ini tentu menjadi alarm bagi masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.  (AG)

Komentar