oleh

Anugerah Kebudayaan PWI, Indah Putri Presentasekan Kebudayaan Rongkong

JAKARTA, INPUTSULSEL.com — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, melakukan Presentasi Anugerah Kebudayaan yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Kamis (9/1/2020).

Presentasi ini dilakukan guna menyeleksi Kepala Daerah Kabupaten/Kota yang masuk 10 besar Calon Penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat, dan salah satunya adalah Bupati Indah Putri Indriani.

Di hadapan dewan juri, Indah Putri Indriani memaparkan komitmen Pemerintah Kabupaten Luwu Utara dalam pengembangan kebudayaan di Luwu Utara. Indah memaparkan proposal yang berjudul “Program Pemberdayaan, Pelestarian, Pengembangan Adat Istiadat, dan Budaya Kampung Tenun Berselimut Kabut di Rongkong Tana Masakke Lipu Maraninding”.

Indah Putri menuturkan, salah satu wujud komitmen kami dalam pengembangan kebudayaan bisa dilihat dari pembentukan Perangkat Daerah yang secara khusus menangani tentang kebudayaan.

“Walaupun sebenarnya kalau kita bicara tentang Perangkat Daerah, sebenarnya tidak berdiri sendiri, seharusnya bergabung dengan Dinas Pendidikan,” jelasnya.

Ia menyebutkan, di Tana Luwu ada 12 anak suku, dan salah satu dari 12 anak suku itu adalah to Rongkong atau suku Rongkong.

“Rongkong dikenal dengan budayanya yang masih sangat kental dengan aneka ragam kesenian, dan salah satu kebudayaan dan keterampilan orang Rongkong yang masih bertahan adalah tenunan adat Rongkong,” papar Indah. yang tampil mengenakan batik hitam dipadukan dengan syal tenun Rongkong.(AG)

Komentar