20 Sekolah di Lutra Terima Penghargaan Program Healthier Smiles, Termasuk SLB

Berita Utama86 Dilihat

Luwu Utara, INPUTSULSEL.COM — Puluhan sekolah, puskesmas, dan trainer menerima penghargaan atas kontribusinya terhadap program Healthier Smiles di Kabupaten Luwu Utara.

Program yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mulut dan gigi anak tersebut merupakan kerjasama Pemda Luwu Utara, Yayasan Celosia Marannu, dan Save The Children Indonesia.

“Program ini secara keseluruhan berkontribusi pada peningkatan kesehatan anak dan keseluruhan kehidupan anak- anak. Sebab untuk melindungi dan menyelamatkan anak-anak kita khususnya dalam merawat kesehatan gigi dan mulut harus dilakukan sejak dini,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Armiadi saat membacakan sambutan Bupati Luwu Utara.

Ia menegaskan, ketika sebagian besar negara berpenghasilan rendah dan menengah tidak mampu memberikan layanan pencegahan dan pengobatan kondisi kesehatan gigi dan mulut ,di Indonesia peraturan Kementerian Kesehatan secara jelas menyatakan prioritasnya pada pendekatan promotif dan preventif tanpa mengabaikan pendekatan kuratif dan rehabilitatif penyediaan layanan yang sebenarnya adalah tantangan.

“Untuk itu program Healthier Smiles hadir dengan pendekatan promotif dan preventif langsung pada anak-anak kita. Terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak sehingga program ini bisa berjalan seperti yang kita harapkan. Kita berharap program Healthier Smiles fase kedua juga dapat berjalan baik dengan kolaborasi yang terjalin selama ini,” tutur Armiadi.

Sebelumnya, Rifki Abber dari Celosia Marannu Indonesia melaporkan,  penghargaan yang diberikan sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dan partisipasi dari seluruh pihak yang bersentuhan baik secara langsung maupun secara tidak langsung dengan program healthier smiles.

“Di fase pertama ini ada 20 sekolah dampingan, 18 sekolah dasar dan 2 Sekolah Luar Biasa (SLB). Fase kedua ada penambahan sekolah dampingan sebanyak 25 sekolah dasar,” katanya.

“Adapun penerima penghargaan kali ini untuk Bappelitbangda, Dinas Pendidikan, Dinas kesehatan, Bagian kesra, PDGI, 20 sekolah dampingan dan 5 Puskesmas wilayah dampingan program  healthier smiles,” jelas Rifki.

Ia berharap dengan apresiasi tersebut, bisa memacu semangat bersama dalam membentuk Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PBHS)  terkhusus pada kesehatan mulut dan gigi anak-anak di Kabupaten Luwu Utara.

Berikut 20 daftar sekolah dampingan program Healthier Smiles fase pertama yang menerima penghargaan:

  1. SDN 151 Sukamaju
  2. SDN 141 Minanga Tallu
  3. SDN 147 Tulung Indah II
  4. SLB Annisa Waradina
  5. SDN 173 Pattimang
  6. SDN 178 Cappasolo
  7. SDN 183 Tolada
  8. SDN 179 Rampoang
  9. SDN 011 Rante Pasang
  10. SDN 007 Teteuri
  11. SDN 012 Buntu Terpedo
  12. SDN 009 Tarue
  13. SLB Nur Amin
  14. SDN 009 Masamba
  15. SDN 105 Laba
  16. SDN 109 Balebo
  17. SDN 029 Bentenna
  18. SDN 042 Radda
  19. SDN 040 Salulemo
  20. SDN 033 Tarobok

(Rn)

Komentar