oleh

1.475 KK Korban Banjir Bandang Bakal Terima Bantuan Non-Tunai dari PMI Pusat

Luwu Utara, INPUTSULSEL.COM — 1.475 Kepala Keluarga (KK) korban banjir bandang Luwu Utara bakal menerima bantuan tunai dari Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat.

Kabar baik tersebut disampaikan Kepala Subdivrespon PMI Pusat, Ridwan Sobri Carman kepada Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani di ruang kerja bupati, Senin (25/1/2021).

“Total bantuan yang akan kita salurkan senilai Rp. 1.416.000.000 Miliyar kepada korban banjir bandang Luwu Utara yang terjadi pada 13 Juli 2020 lalu. Masing-masing Rp. 960.000/ KK yang disalurkan langsung kepada penerima manfaat. Penyaluran bantuan juga sekaligus dilakukan, karena kita tahu kebutuhan masyarakat banyak, dan saya rasa ini waktu yang tepat,” terang Ridwan.

Terkait penyaluran bantuan, Ridwan mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan PMI Luwu Utara dan Kantor Pos Cabang Palopo.

“Kami sudah berkordinasi dengan Kantor Pos bagaimana memastikan maksimal distribusi bantuan bisa diselesaikan hingga 31 Januari 2021 mendatang. Tentu dengan tetap menjaga protokol kesehatan, karena kita tidak mau sebuah kebaikan akan membawa dampak lain bagi masyarakat,” harap Ridwan.

Sementara itu, Kepala Pos Masamba, Aras menyebutkan, pihaknya akan mulai menyalurkan bantuan mulai besok setelah launching dilakukan.

“Ada 2 kantor unit yang kami maksimalkan untuk penyaluran yakni Kantor Pos Masamba dan Baebunta. Khusus untuk Malangke Barat dan Sabbang Selatan, kami akan mobile mengantar langsung agar masyarakat tidak lagi mengeluarkan biaya untuk menjemput bantuan ini. Selain itu, pertimbangan pandemi, agar masyarakat tidak berkerumun di satu tempat,” pungkasnya.

Senada, Indah menegaskan agar tetap menegakkan protokol kesehatan dalam penyaluran bantuan tersebut.

“Saya yakin teman-teman kantor pos sudah punya pengalaman yang cukup baik dalam hal penyaluran bantuan. Apalagi dua atau tiga kantor unit bisa dimaksimalkan. Kita tinggal atur waktunya dan perpanjangan waktu pelayanan untuk menjaga kita semua. Khusus untuk federasi, kami terima kasih banyak, ke depan kita akan massifkan mitigasi,¬† karena tentu akan berbeda¬† jika kita lakukan dengan teman-teman relawan,” harap Indah didampingi Wakil Ketua Bidang Relawan PMI Luwu Utara, Alauddin Sukri, Sekretaris PMI Amir, dan Kepala Markas PMI Andi Bachtiar. (Rn)

Komentar