Tiga Dusun di Desa Sassa Terima 108 Lampu Tenaga Surya Dari Bupati Indah

Jumat , 13 September 2019 20:56

BAEBUNTA, INPUTSULSEL.com — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyerahkan bantuan lampu tenaga surya di tiga dusun Desa Sassa Kecamatan Baebunta yang selama ini mengeluhkan kegelapan yang selama ini mereka rasakan. Tiga dusun itu adalah Kumbari, Pulao dan Buso.

Bantuan tersebut dari Kementerian ESDM melalui usulan Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara. Sebanyak 108 Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) diterima langsung oleh warga tiga dusun itu, Jumat (13/9/2019), yang dipusatkan di Kantor Desa Sassa.

“Program ini sebenarnya cukup lama kita usulkan kepada pemerintah pusat. Itu setelah Presiden membuat program yang namanya Indonesia Terang, sehingga kemudian diturunkan menjadi Desa Terang,” ucap Bupati Indah Putri.

“Kita di Luwu Utara termasuk daerah yang rasio elektrifikasinya atau tingkat persentase masyarakat yang menggunakan listrik baru 70%. Nah, kita harapkan dengan program Desa Terang ini, rasio elektrifikasi kita bisa semakin meningkat,” tambahnya.

Selain itu Bupati perempuan ini juga berharap agar bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga penerima manfaat.

“Lampu ini harus dirawat agar usia pemakaiannya menjadi lebih lama,” harapnya.

Sekadar diketahui, usia LTSHE atau bohlam lampu ini bisa sampe 10 tahun dengan garansi selama 3 tahun. Sebelumnya, Kadis PUPR Suaib Mansur menyebutkan bahwa tiga dusun ini memang sangat sulit terjangkau PLN dalam waktu dekat.

“Dusun Kumbari, Pulao, dan Buso ini sulit dijangkau PLN dalam waktu dekat. Sementara mereka mengeluh dengan kegelapan. Jadi, ini yang akan kita sulap dari kegelapan menjadi terang-benderang,” imbuhnya.

Suaib mengatakan, bantuan LTSHE di Luwu Utara atas usulan Pemda Lutra dalam rangka mewujudkan program Desa Terang.

“Mungkin banyak yang berpikir, kok tiba-tiba program ini ada. Perlu kami sampaikan bahwa sebelumnya kita usulkan karena program ESDM adalah melistriki tempat-tempat yang sulit dijangkau PLN,” pungkasnya.

Komentar