Pelaku Pencurian Uang 150 Juta Rupiah di Masamba Dibekuk Polisi

Selasa , 10 September 2019 19:40

MASAMBA, INPUTSULSEL.com — Satuan reserse kriminal (Satreskrim) Polres Luwu Utara berhasil meringkus salah seorang pelaku pencurian uang sebesar Rp.150 juta di Masamba.

Pelaku Wahidin (27) berhasil diamankan oleh unit Reskrim Polres Luwu Utara bekerjasama Reskrim Polda Sulsel di kediamannya Jl. Daeng Tata Kota Makassar, Jumat (6/9/19) lalu.

Kapolres Luwu Utara, AKBP Boy FS Samola didampingi Kasat Reskrim, Iptu Samsyu Rijal, melalui konferensi pers menerangkan bahwa aksi pencurian dilakukan oleh tiga orang pada tanggal 27 Agustus 2019 lalu di depan kantor dealer Honda Masamba.

Modusnya dengan cara membuntuti korban saat keluar dari bank menuju dealer motor. Saat korban masuk ke dealer, dia meninggalkan anaknya diatas mobil bersama uangnya.

Kemudian salah seorang pelaku berperan sebagai orang dealer memanggil anak ibu tersebut keluar dari mobil. Saat itulah pelaku beraksi menggndol habis uang sebesar Rp.150 juta.

“Modusnya, anaknya dipanggil ke dalam dealer, seolah dipanggil oleh ibunya. Akhirnya mobil ditinggalkan kosong, dan pelaku berhasil mencuri uang tersebut,” papar AKBP Boy.

Ketiga pelaku berhasil membawa kabur uang sebanyak Rp.150 juta. Namun atas petunjuk awal melalui cctv, polisi berhasil membututi salah seorang pelaku ke Makassar.

“Seorang pelaku kita amankan di rumahnya, di Makassar. Beserta barang bukti uang sekitar Rp 40 juta. Namun kedua orang temannya berhasil melarikan diri. Saat ini kami masih melakukan pengejaran,” tegas AKBO Boy.

Pelaku Wahidin saat ini telah diamankan di Polres Luwu utara, dijerat pasal 362 KUHP pidana dengan ancaman penjara paling lama 5 tahun penjara.

“Bagi kedua pelaku lainya, diminta untuk segera menyerahkan diri, karena kita akan kejar sampai ketemu. Identitasnya telah diketahui,” tandasnya. (rz)

Komentar