Sajikan Pangan Pengganti Beras, PKK Rampi Sabet Juara 1 Festival Pangan Lokal

Rabu , 07 Agustus 2019 19:00 - Penulis : | Editor : Rani
Ketua PKK Kec Rampi, dr. Sri beserta tim pada Festival Pangan Lokal.FT: IST
Ketua PKK Kec Rampi, dr. Sri beserta tim pada Festival Pangan Lokal.FT: IST

INPUTSULSEL.COM, Luwu Utara — Kreativitas tim PKK Kecamatan Rampi patut diacungi jempol. Pasalnya berkat kreasi makanan lokal yang sehat serta bergizi seimbang, mereka berhasil menyabet juara 1 pada Festival Pangan Lokal B2SA yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Luwu Utara, Rabu (07/08/2019) di Gedung Arma Karya.

Kegiatan yang diikuti 15 kecamatan se-Kabupaten Luwu Utara dengan menyajikan bahan pangan lokal dibuka langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Ketua PKK Kecamatan Rampi, dr. Sri Jumardiah yang juga turut serta dalam lomba tersebut menyampaikan rasa syukur sebab bisa ikut andil dalam kegiatan ini terlebih Rampi merupakan salah satu kecamatan terpencil di Luwu Utara.

“Suatu kebanggaan buat saya selaku Ketua PKK Rampi beserta tim, melalui ajang ini secara langsung kami dapat memperkenalkan pangan lokal dari Kecamatan Rampi, yang notabenenya jarang ditemui sebab letak wilayah kami di pegunungan,” ungkap Sri yang juga merupakan salah satu dokter di RSUD Andi Djemma Masamba.

“Dan Alhamdulillah tahun ini kecamatan Rampi mendapatkan juara 1, ini semua tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan dinas terkait, PKK desa, serta pendamping PPL di Kecamatan Rampi. Insya Allah pengolahan pangan lokal di Rampi akan kami lestarikan dengan terus melakukan inovasi sehingga minat masyarakat untuk mengkonsumsi pangan semakin meningkat serta bisa menjadi produk olahan pangan komersil bagi masyarakat seperti arahan Ibu Bupati tadi,” tuturnya.

Sekadar diketahui bahwa ada beberapa jenis pangan lokal yang ditampilkan Kecamatan Rampi yang tidak ada di daerah lain seperti Jawawut atau Woilo’ dan Sorgum yang kandungan gizinya 5 kali dari beras dan serat yang tinggi yang dapat membantu mencegah diabetes. (vkr)

Komentar