Pertama di Indonesia, Desa Anti Hoax

Sabtu , 09 Maret 2019 18:56

LUWU UTARA, INPUTSULSEL.com — Untuk pertama kali terdengar adanya pencanangan desa anti hoax di Indonesia. Desa tersebut yakni Desa Batu Alang Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara.

Ratusan masyarakat hadir mengikuti pencanangan dan deklarasi desa anti hoax Batu Alang yang dipelopori Kapolres Luwu Utara, AKBP Boy FS Samola bersama Kepala Desa Batu Alang, Mustamin, di Aula Kantor Desa, Sabtu (9/3/2019).

Informasi yang disampaikan Kapolres Luwu Utara, AKBP Boy FS Samola, deklarasi dan pencanangan desa anti hoax di Desa Batu Alang merupakan yang pertama di Indonesia.

Deklarasi anti hoax dipimpin langsung Kepala Desa Batu Alang, Mustamin, diikuti ratusan warganya.

AKBP Boy berkesempatan menyampaikan dihadapan ratusan masyarakat tentang bahaya hoax yang terjadi di tengah masyarakat, khususnya menghadapi Pemilu 2019.

Menurutnya dengan adanya berita hoax yang beredar di tengah masyarakat dapat memecah belah bangsa. Khususnya bagi para pengguna sosial media seperti facebook, tweeter, dan media lainnya.

“Peredaran berita hoax saat sudah cukup besar. Ini bahaya, bisa memecah belah bangsa. Masyarakat harus sadar dan memahami seperti apa berita hoax dan ujaran kebencian,” ucap AKBP Boy, saat menyampaikan materi tentang bahaya hoax.

“Utamanya menghadapi pemilu 2019. Kita harus jaga kondisi. Tidak ikut menyebar berita hoax. Apalagi jika menyinggung isu SARA. Mari kita sehat menggunakan media sosial, saring dengan baik,” jelasnya.

Selain itu, Desa Batu Alang sebagai desa anti hoax pertama di Indonesia, setiap rumah warga terpasang famplet anti hoax di dinding rumah. Sebagai wujud sosialisasi dan mengkampanyekan anti hoax. (Rz)

Komentar