59 Rumah Rusak Akibat Puting Beliung di Munte Tanalili

Minggu , 03 Maret 2019 13:13

LUWU UTARA, INPUTSULSEL.com — Sebanyak 59 rumah warga terkena dampak angin puting beliung yang melanda desa Munte Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara.

Bencana angin puting beliung terjadi sekitar pukul 22.00 wita, Sabtu (2/3/2019) kemarin. Dimana saat itu disertai hujan dan angin kencang di sekitar pesisir Pantai Munte.

Dari hasil assesment yang dilakukan tim gabungan BPBD, PMI, Dinas Sosial, Pemerintah Kecamatan, Desa, Kepolisian, jumlah kerusakan rumah sebanyak 8 rusak berat, 11 rusak sedang dan sebanyak 40 ringan.

“Jumlah total kerusakan sebanyak 59 rumah. Itu untuk data yang telah dilakukan assesment oleh tim sejak tadi pagi,” kata Kepala BPBD, Alauddin Syukri, saat ditemui di lokasi bencana, Minggu (3/3/2019).

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, yang rusak berat rumahnya sementara mengungsi ke rumah tetangga,” tambah Alauddin.

Menurutnya pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara sejak subuh telah terjun kelapangan untuk melakukan evakuasi dan assesment.

“Bupati Luwu Utara juga tadi pagi telah meninjau langsung ke lokasi. Langsung berdialog dengan masyarakat yang terkena dampak. Juga menyerahkan bantuan terpal khusus untuk yang rusak berat,” papar Kepala BPBD Luwu Utara.

Untuk saat ini, pihak BPBD Luwu Utara masih terus berada di posko darurat kantor Desa Munte.

BPBD Luwu Utara telah memberikan bantuan darurat berupa terpal. Sementara untuk selanjutnya akan disalurkan bantuan berupa ramuan rumah berdasarkan tingkat kerusakan. (Rz)

Komentar