KPU Luwu Utara Belum Rakit Kotak Suara Untuk Daerah Pegunungan

Senin , 11 Februari 2019 18:17

INPUTSULSEL.com, MASAMBA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Utara telah melakukan perakitan kotak suara yang berbahan karton tersebut. Kini kotak suara yang telah dirakit sudah tersusun rapi di Gudang Logistik KPU Luwu Utara.

Tahapan perakitan tanggal 6 hingga 11 Februari 2019.

Sebanyak 4.550 buah kotak suara yang telah selesai dirakit dari jumlah penerimaan 5.047 kotak.

Tersisa 497 kotak suara yang belum dirakit yang diperuntukkan bagi 3 kecamatan pegunungan, Rongkong, Seko dan Rampi serta untuk PPK.

Komisioner KPU Luwu Utara, Supriadi Halim saat dihubungi via telepon menjelaskan, kotak suara yang belum dirakit tersebut rencananya untuk memudahkan pendistribusian.

Meski memang aturan secara teknis semua kotak suara harus dirakit di KPU kabupaten, kemudian didistribusi ke masing-masing kecamatan.

“Kita menunggu petunjuk dari atas serta persetujuan dari Bawaslu dan pemerintah. Semoga memungkinkan agar perakitan kotak suara daerah pegunungan di lakukan di kecamatan,” kata Supriadi, Senin (11/2/2019).

“Hal ini dilakukan semata-mata memudahkan distribusi. Medan akses jalan daerah pegunungan sangat susah. Rencananya akan didistribusi menggunakan pesawat,” jelasnya.

Namun kata Supriadi Halim, pihaknya tetap menunggu petunjuk teknis dari KPU RI. Sebab tidak ingin melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

“Jika memang dilarang melakukan perakitan di kecamatan. Ya harus kami rakit di kabupaten. Soal distribusinya nanti dipikirkan lagi solusinya, walau melihat kondisi saat ini curah hujan sangat tinggi,” ucapnya. (Rz)

Komentar