Emak-emak Green Lutra Optimis Pertahankan Wistara

Sabtu , 17 November 2018 16:55
Sosialisasi Kabupaten Sehat Strata Wistara. FT: RN
Sosialisasi Kabupaten Sehat Strata Wistara. FT: RN

INPUTSULSEL.com, Luwu Utara — Kaum ibu-ibu (emak-emak) Forum Kabupaten dan Forum Komunikasi Kecamatan Kabupaten Sehat (Green Lutra) mengikuti Sosialisasi dan Penguatan KKS di Ruang Meeting Teras Adira Masamba, Sabtu (17/11).

Menghadirkan Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Sulsel, Muslim Rasyid sebagai pemateri, sosialisasi tersebut demi percepatan penyelenggaraan dan persiapan verifikasi Kabupaten/Kota Sehat 2017 menuju Kabupaten Luwu Utara Wistara 2019.

“Luwu Utara mulai berproses 2007, pada 2013 meraih penghargaan Kabupaten Sehat dengan predikat Padapa, kemudian 2015 Wiwerda dan 2017 Wistara. Ini membuktikan Luwu Utara terus bergerak , berprestasi, dan pantang untuk turun,” ucap Muslim.

Menurut Muslim, KKS bukan perlombaan tapi proses. “Tujuannya adalah untuk mewujudkan terlaksananya kondisi Kabupaten/Kota untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai kegiatan program/sektor, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas serta perekonomian masyarakat.

Ia menegaskan Forum KKS harus mengetahui apa yang menjadi permasalahan di masyarakat dan memberikan usulan kepada Pemerintah Daerah. “Seluruh forum di kecamatan juga harus mempunyai inovasi masing-masing yang nantinya akan dijadikan lokus. Selain itu harus mempunyai rencana untuk dilaksanakan, dievaluasi, dan didokumentasikan. Dalam pelaksanaan KKS Pemerintah harus hadir untuk memenuhi hak sehat bagi masyarakat. Paling penting bahwa mampu menggerakkan masyarakat terutama bagaimana mengubah perilaku hidup sehat,” terangnya.

Lebih lanjut, Muslim berpesan “Untuk menjadi sukses kita harus berprestasi , kalau kita tidak mampu berprestasi maka jadilah yang terbaik, dan jika belum bisa jadi yang terbaik minimal kita bisa mengubah diri kita menjadi lebih baik,” tuturnya.

Sementara Ketua Forum Kabupaten Sehat Luwu Utara, Harifa DM katakan Forum KKS ke depan akan melibatkan BKMT Kabupaten hingga ke tingkat Kecamatan dalam berbagai kegiatan.

“Salah satu yang akan kita laksanakan dalam waktu dekat ini adalah Wisata Religi Sehat di Desa Maipi. Kami optimis dan menyadari pentingnya keterlibatan semua pihak, menggerakkan semua lapisan masyarakat demi terwujudnya masyarakat sehat dan sejahtera,” terang Harifa. (*)

Komentar