Bupati Indah Launching Screening Mata, Gratis untuk Masyarakat Luwu Utara

Senin , 29 Oktober 2018 16:25 - Penulis : | Editor : Rani
Semalam di Desa Pongko Kecamatan Bone-Bone. FT: AL
Semalam di Desa Pongko Kecamatan Bone-Bone. FT: AL

INPUTSULSEL.com, LUWU UTARA — Dialog ‘Mata Pintar Menjawab’ (Masyarakat Bertanya Pemerintah Menjawab) pada program Semalam di Desa masih menjadi agenda wajib Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara setiap bulan. Mobile government/pemerintah bergerak menjadi salah satu sebab mendasar Pemda untuk terus melayani masyarakat lebih dekat.

Minggu (28/10) malam, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani bersama jajaran kembali menyapa warga lebih dekat di Desa Pongko Kecamatan Bone-Bone. Banyak program yang dilaksanakan seperti penyuluhan KB, pemeriksaan kesehatan, sosialisasi pemanfaatan pekarangan rumah, hingga yang baru dicanangkan oleh orang nomor satu di Luwu Utara tersebut adalah Pemeriksaan Mata (Screening Mata).

Program Pemeriksaan Mata Gratis ini dilaksanakan RSUD Andi Djemma Masamba yang turut ambil bagian pada kegiatan Semalam di Desa. “Sebelum kita launching, pemeriksaan mata juga sudah dilaksanakan di dua Desa yakni Maipi dan Kamiri,” ucap Indah.

Di Desa Pongko dan Batang Tongka sendiri tercatat 136 buah kacamata baca yang dibagikan kepada masyarakat. “Masing-masing 68 pc di Batang Tongka dan 68 pc di Pongko. Sementara yang mendesak untuk dioperasi ada 3 di Batang Tokka dan 4 di Pongko, semua kita sudah berikan ke Pemerintah Desa untuk diberikan pemahaman agar ke Rumah Sakit sebab biayanya ditanggung BPJS,” paparnya.

Direktur RSUD Andi Djemma Masamba, dr. Hariadi yang hadir mendampingi Bupati Indah, juga melakukan sosialisasi pentingnya menjaga dan memeriksakan kesehatan mata.

“Kegiatan screening mata kita peruntukkan untuk warga yang berusia di atas 40 tahun. Maksimal 150 warga bakal dilayani dengan kemungkinan 100 kacamata buta yang nantinya akan disiapkan. Dari target itu sekitar 100 kacamata buta yang akan kita siapkan karena pengalaman kemarin, ada juga warga yang tidak ingin memakai kacamata,” ungkapnya. (Rn)

 

Komentar