Dukcapil Luwu Utara Kunci Sementara Pencetakan e-KTP Bagi Pemilih Pemula

Selasa , 09 Oktober 2018 10:39

INPUTSULSEL.com, MASAMBA — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Luwu Utara melakukan kunci sementara untuk pencetakan KTP Elektronik (e-KTP) bagi pemilih pemula meski sudah melakukan perekaman.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Dinas Dukcapil, Mas’ud Masse, saat dikonfirmasi via seluler. Ia menjelaskan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan penguncian pencetakan e-KTP bagi pemilih pemula karena belum saatnya memiliki KTP.

“Untuk saat ini memang umur pemilih pemula yang sudah direkam baru 16 tahun, akan tetapi telah berumur 17 sebelum pemilu pada tanggal 17 April 2019,” kata Kadis Dukcapil yang akrab disapa Pak Piko, Selasa (9/10/2018).

Ia mengaku sempat terjadi pencetakan kurang lebih 27 KTP yang sudah sempat tercetak. Karena memang saat dibuka kunci perekaman bersamaan juga kunci pencetakan terbuka.

“Tapi sudah ada yang kita tarik sementara yang sudah terlanjur tercetak. Nanti pada saatnya baru diserahkan ulang. Jadi untuk saat ini walau terus kita melakukan perekaman, kita juga langsung kunci pencetakan pemilih pemula. Ini sudah sistem yang bekerja jadi kita hubungi pusat dikunci dulu,” ujarnya.

Menurutnya, memang masih ada yang belum sempat ditarik. Masih ada belasan, tapi pihaknya sudah menghubungi kepala desa yang bersangkutan untuk membantu menarik sementara KTP tersebut.

Diinformasikan bahwa, berdasarkan peraturan Kemendagri dan PKPU bahwa bagi mereka yang berusia 16 tahun lebih dan genap berusia 17 tahun sebelum tanggal 17 April 2019 maka berhak untuk melakukan perekaman e-KTP.

“Untuk saat ini kami masih terus melakukan perekaman bagi pemilih pemula. Saat ini, ada 5.000 lebih yang sudah melakukan perekaman bagi pemilih pemula yang genap usianya 17 tahun sebelum 17 april 2019 namun belum dilakukan pencetakan,” pungkasnya. (rz)

Komentar