Tiga Partai Tak Punya Caleg di Luwu Utara

Senin , 23 Juli 2018 16:55 - Penulis : | Editor : Rizal

INPUTSULSEL.com, MASAMBA — Dari 16 Partai peserta pemilu, namun hanya 13 Partai yang mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) di KPU Luwu Utara. Tiga partai lainnya dipastikan tidak memiliki Bacaleg untuk ditetapkan nantinya sebagai Caleg di Luwu Utara.

Hal tersebut dibenarkan oleh KPU Luwu Utara, melalui Divisi Hukum, Supriadi Halim, saat ditemui di Ruang Kerjanya, Senin (23/7/2018). Menurutnya, sebanyak 418 orang yang telah resmi memasukkan berkas caleg, yang terdiri dari 13 Partai.

“Jadi betul ada 3 partai yang tidak terdaftar memasukkan bacalegnya yakni Partai Berkarya, Partai Garuda dan PKPI, hingga batas waktu yang telah ditetapkan,” kata Supriadi Halim.

“Untuk PKPI, sebenarnya memasukkan berkas usulan bacaleg tapi tidak memenuhi persyaratan. Sementara Partai Garuda dan Berkarya memang tidak memasukkan sama sekali,” tambah Supriadi.

Selain itu lanjut Supriadi, selain ketiga partai yang tidak memasukkan usulan Bacaleg, juga ada beberapa partai yang tidak memasukkan usulan bacaleg secara full di masing-masing daerah pemilihan (Dapil).

“Misalnya PSI, mereka hanya memasukkan untuk dapil 1 dan 2. Begitupun beberapa partai lain setiap dapil tidak mencukupi 100 persen,” ucapnya.

Diketahui, sesuai tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2019, untuk saat ini KPU masih melakukan verifikasi berkas untuk ditetapkan menjadi daftar caleg sementara (DCS). (*)

Komentar