Tingkatkan Produksi Benih Udang Vanname, Dinas Perikanan Luwu Utara Bina Kelompok Desa

Selasa , 26 Juni 2018 20:01 - Penulis : Ilham | Editor : Rani

INPUTSULSEL.com, Luwu Utara — Dalam rangka meningkatkan produksi benih udang Vanname, Dinas Perikanan Kabupaten Luwu Utara menggelar pembinaan di Desa Waetuwo dan Desa Pao Kecamatan Malangke Barat masing-masing pada kelompok desa dan kelompok Nur Afni, Selasa (26/06).

Kepala Dinas Perikanan, Muharwan katakan kegiatan ini dilakukan untuk pemberian sarana produksi pembenihan berupa blower dan sarana lainnya.

“Juga dilakukan pendekatan melalui pembinaan pembudidayaan ikan dan udang dengan mendatangkan teknisi dari Makassar yang juga Dosen Fakultas Perikanan UMI Makassar, Muh. Saenong,” kata Muharwan.

Menurut Muharwan, untuk mendukung kegiatan pembenihan udang dan penggelondongan dengan pemberian teknis budidaya perikanan dan pemanfaatan saprodi dan saprokan yang diberikan, kemampuan yang dimiliki UPR baru berkisar 200.000 ekor dalam 3 hari sehingga masih perlu dilakukan secara terus-menerus.

“Pembinaan kelompok pembudidaya ikan juga dilakukan kepada pembudidaya ikan lainnya pada tahun 2018 ini berupa bantuan sarana tambak bagi pembudidaya, teknologi, dan percontohan pembudidayaan ikan dan udang yang berliner dari DAK dan DAU TA. 2018,” terangnya.

Lebih lanjut Ia katakan pembinaan juga akan dilakukan di 3 kecamatan pesisir lainnya yaitu Malangke, Tanalili dan Bone Bone.

“Sumber bibitnya berasal dari Kabupaten Barru dengan pendekatan CPIB cara pembenihan ikan yang baik,” pungkasnya. (*)

Komentar