Longsor di Kanandede, Selepas Sahur TRC BPBD Luwu Utara Segera Buka Akses Jalan

Jumat , 08 Juni 2018 00:33 - Penulis : | Editor : Rizal
Kalak BPBD Luwu Utara, Alauddin Sukri. FT: IST
Kalak BPBD Luwu Utara, Alauddin Sukri. FT: IST

INPUTSULSEL.com, MASAMBA — Longsor yang terjadi di jalan poros desa Kanandede Kecamatan Rongkong yang menutup akses jalan. Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara segera ke lokasi.

Rencananya selepas sahur nanti, sejumlah relawan TRC langsung bertolak dari Masamba menuju Kanandede untuk membuka akses jalan yang tertutup longsor, Jumat 8 Juni 2018.

Kepala BPBD Luwu Utara, Alauddin Sukry, saat dikonfirmasi mengatakan sesuai instruksi bupati pihaknya langsung memerintahkan TRC untuk bergerak, serta melakukan koordinasi dengan dinas PU penggunaan alat berat.

“Langkah taktis yang kita lakukan yang pertama kerahkan TRC PB menuju ke tkp, selanjutnya mengupayakan berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan masyarakat,” ucapnya, Jumat (8/6/2018) dini hari.

“TRC dan Masyarakat rencananya akan membuat jalur darurat secara manual sambil menunggu alat berat tiba di tkp,” jelas Alauddin.

Menurutnya, langkah taktis tersebut minimal bisa membuka aksea jalan yang akan dilalui oleh masyarakat, sebab jalan tersebut merupakan satu-satunya akses dari sabbang jalan menuju kecamatan rongkong.

“Jadi kita buka dulu jalur, minimal bisa dilalui motor. Sambil menunggu alat berat, karena alat berat untuk mencapai lokasi butuh waktu yabg cukup lama,” lanjutnya.

Selain itu, mengingat saat ini jelang lebaran Idul Fitri, BPBD Luwu Utara akan memberlakukan tim siaga bencana dalam rangka mudik lebaran. (*)

Komentar