Karimuddin : Desa Sassa Layak Jadi Desa Wisata dan Cagar Budaya

Selasa , 15 Mei 2018 14:18 - Penulis : Ansar Gama | Editor : Rani
Karimuddin. FT: IST
Karimuddin. FT: IST

INPUTSULSEL.com, LUWU UTARA — Dengan dirumuskannya naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Desa Wisata oleh Badan Legislasi (Baleg) DPRD Luwu Utara, Anggota Baleg Karimuddin usulkan Desa Sassa Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara sebagai Desa Wisata dan Cagar Budaya.

Menurutnya, Desa Sassa Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara memang dikenal sebagai Kampung atau Desa yang masih mempertahankan adat dan Budayanya.

“Di Sassa, adat dan Budaya masih dipertahankan sampai sekarang, termasuk bahasa asli mereka yakni Bahasa Limola yang perlu diproteksi,” kata Karimuddin, Anggota Baleg DPRD Luwu Utara, Selasa (15/5/18).

Ia menambahka, selain adat dan budayanya serta bahasa yang masih mereka pertahankan, Sassa  kaya akan potensi wisata.

“Disana (Sassa) ada Permandian Air panas,¬† peninggalan sejarah dan ada juga Air terjun yang memiliki 12 tingkatan, maka dari itu Sassa sangat layak untuk dijadikan Desa Wisata dan Cagar Budaya, sesuai dengan visi misi Bupati Luwu Utara,” ucap Karimuddin.

Untuk menunjang itu, maka Perda tentang Desa Wisata akan segera kami selesaikan, agar bisa dimasukan dalam Objek daerah tujuan wisata (ODTW).

“Ranperda Tentang Desa Wisata ini telah disepakati melalui Paripurna dan telah menjadi Perda inisiatif DPRD Luwu Utara,” terang Karimuddin. (*)

Komentar