Begini Pesan Datu Luwu Kepada Pata – Emmy

Kamis , 10 Mei 2018 12:45 - Penulis : | Editor : Rizal

INPUTSULSEL.com, PALOPO — Sri Paduka Datu Luwu ke-40, H Andi Maradang Mackhulau Opu to Bau SH, bersama Dewan Adat 12 Kedatuan Luwu, Rabu malam (9/5) menerima prosesi adat Mappisabbi Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Luwu 2018 Patahudding-Emmy Tallesang. Dalam kesempatan tersebut Sri Paduka Datu Luwu ke-40 menitipkan dua petuah yang penuh makna

Sri Paduka Datu Luwu H Andi Maradang Mackhulau Opu To Bau dalam perkataannya mengatakan, dirinya sangat menghargai kedatangan Paslon Patahudding dan Emmy Tallesang bersama rombongan di kedatuan Luwu, dimana hal itu menandakan kedua Paslon tersebut menjunjung tinggi nilai-nilai budaya tana Luwu.

“Keindahan Tana Luwu dari sejak dahulu kala hingga kini adalah terjalinnya persaudaraan. Saat ini saya berada di tengah-tengah kalian, saya sangat merestui semangat, perjuangan serta keinginan saudara-saudara saya ini yang ingin maju menjadi calon pemimpin di Luwu,” Ungkap Andi Maradang.

Sri Paduka Datu Luwu berpesan, kelak jika kalian ditakdirkan menjadi pemimpin di Kabupaten Luwu, kalian harus memegang teguh dua petuah adat istiadat Tana Luwu. Yaitu memegang teguh dan menjunjung tinggi dua pusaka Kedatuan Luwu, ‘Pakka dan Pajung’.

Pertama, jika Patahudding-Emmy Tallesang ditakdirkan menjadi pemimpin di Kabupaten Luwu, harus menjunjung tinggi pusaka ‘Pakka’.

” Siapapun putra putri Tana Luwu yang menjadi pemimpin, kalian harus menjunjung tinggi ‘Pakka’. Karena Pakka adalah simbol dimana pemimpin harus menjaga keseimbangan alam. Pemimpin harus dan wajib memikirkan rakyat dan unsur-unsur alam yang ada didunia,” Kata Andi Maradang

Petuah kedua, lanjut Andi Maradang Mackhulau Opu To Bau, jika Paslon Patahudding-Emmy Tallesang ditakdirkan menjadi calon pemimpin di Kabupaten Luwu, harus memiliki dan menjunjung tinggi yang Pusaka ‘Pajung’.

“Pajung itu adalah kemuliaan hati yang dimiliki pemimpin yang tidak memandang Suku Ras dan Agama,” Kata Andi Maradang dengan mimik wajah penuh kewibawaan. (rilis)

Komentar