PT Kapal Api Lirik Kopi Seko Luwu Utara

Selasa , 08 Mei 2018 22:48 - Penulis : | Editor : Rizal

INPUTSULSEL.com, MASAMBA — PT Kapal Api Global senantiasa mencari daerah-daerah yang potensial untuk pengembangan budidaya tanaman Kopi.

Salah satu daerah yang dilirik adalah Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara yang merupakan penghasil kopi.

Hal itu terungkap saat Direktur PT Kapal Api Global, Djoni Halim, saat melakukan ekspose bersama Dinas PMPTSP Luwu Utara di Ruang Rapat Sekretaris Daerah, Selasa (8/5/2018).

Ia memaparkan, pihaknya merupakan salah satu perusahaan utama (market leader) kopi di Indonesia, dimana sekitar 60% bisnis kopi dikuasai oleh mereka.

Namun akhir-akhir ini ada kekhawatiran yang timbul yaitu terjadinya penurunan produktivitas kopi di Indonesia, sementara disisi lain konsumsi kopi oleh masyarakat Indonesia semakin meningkat.

“Sehingga untuk mengatasi hal ini, kami berencana untuk membuka kebun kopi percontohan di Kecamatan Seko dengan luas 10 – 20 Ha,” terangnya.

Pola yang digunakan dengan membangun kemitraan dengan masyarakat pemilik lahan. Dimana system kemitraan tersebut dapat dilakukan dengan system sewa atau bagi hasil.

“Tergantung dari keinginan masyarakat nantinya di Kecamatan Seko,” ucapnya.

Sementara, Asisten Administrasi, Muh Kasrum saat memimpin pertemuan tersebut, menyambut baik kehadiran PT Kapal Api Global untuk berinvestasi di Kabupaten Luwu Utara khususnya pada bidang budidaya tanaman kopi dengan memberdayakan masyarakat sekitar.

“Setiap investor yang masuk ke Luwu Utara akan disambut dengan baik. Kehadiran mereka tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya. (*)

Komentar