Calon Kades Wajib Ikuti Tes Narkoba

Senin , 16 Mei 2016 21:17

Ilustrrasi (foto: Internet)

Ilustrrasi (foto: Internet)

INPUTSULSEL.com, LUTRA — Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) memperketat syarat bagi calon kepada desa. Seluruh calon kepala desa diwajibkan untuk mengikuti tes narkoba sebagai salah satu persyaratan bagi siapa saja yang mencalonkan diri. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lutra, Abdul Mahfud saat rapat kordinasi, Senin (16/5).

Sekretaris Kabupaten Luwu Utara, Abdul Mahfud mengatakan, tes narkoba ini perlu dilakukan supaya mengetahui apakah calon kepala desa bebas narkoba atau pernah konsumsi narkoba.

“Narkoba ini sudah merajalela di kalangan masyarakat kita, dari berbagai kalangan dan ini sangat merusak. Sehingga pemerikaan atau tes urin harus dilakukan bagi calon kepala Desa,” kata Mahfud, Senin (16/5).

Menurut Mahfud pilkades serentak pertama harus berjalan sukses. Semua kepala desa yang terpilih wajib memiliki kompetensi dan kapabel. Pelaksanaan pilkades dilakanakan pada 2 Juni. “Penjaringan calon kepala desa seharusnya sudah berjalan saat ini,” ujarnya.

Pilkades yang akan dilaksanakan nantinya tidak boleh menjadi pertarungan kekuasaan. Kalau politik uang jalan dipastikan pilkades tidak akan kondusif dan hasilnya juga tidak kapabel dan kompoten.

“kita harus minimalisir politik uang, jika kita masih menggunakan paradigma siapa yang banyak uang itu dipilih maka pastinya akan berdampak pada kualitas kepala desa itu sendiri. Dan juga rawan terjadi gesekan di antara pendukung,” tegasnya.

Selain itu, kata Mahfud, “Jika yang mendaftar melebihi lima calon akan rawan konflik, begitu juga bagi pendaftar hanya dua orang saja. Calon yang punya KTP tapi tidak berdomisili dalam desa tersebut tidak boleh diloloskan,” tutupnya.

Komentar